PERSONEL RITEL (1)
Teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan coba sharingkan mengenai personel di ritel, khususnya di minimarket. Dari personel ini ada 3 bagian pembahasan antara lain:
(1) Jabatan yang wajib ada
(2) Uraian tugas masing-masing jabatan
(3) Spesifikasi jabatan
Yang pertama akan saya bahas mengenai jabatan-jabatan yang wajib dalam ritel modern. Biasanya untuk minimarket yang ukuran 100 m2 biasanya ada kepala toko, asisten kepala toko, kasir, pramuniaga, bagian pembelian (buyer), dan bagian keuangan. Namun untuk jabatan tersebut biasanya disesuaikan dengan keuntungan toko, bila keuntungan masih sedikit biasanya ada "rangkap jabatan". Idealnya memang setiap jabatan diisi oleh satu orang sehingga lebih maksimal.
Dalam kasus "rangkap jabatan", sebaiknya kepala toko tidak merangkap buyer atau keuangan, karena "kontrolnya" menjadi tidak efektif. Bila harus ada rangkap jabatan mungkin sebaiknya dalam satu divisi, rmisalnya untuk divisi operasional (terdiri dari kepala toko, asisten kepala toko, kasir dan pramuniaga) posisi pramuniaga dapat dirangkap dengan kasir.
Jumlah personel yang dibutuhkan oleh suatu toko tergantung dari luas area penjualan, omset toko, keuntungan dan jam (buka) operasional. Biasanya semakin luas toko maka kebutuhan personel semakin banyak. Hubungannya dengan jam (buka) operasional, semakin panjang bukanya, misalnya sampai 3 shift maka harus ada "orang" yang selalu "standby" di masing-masing shift agar operasional berjalan lancar. Namun yang paling menentukan adalah berapa besar omset dan keuntungan yang diraih oleh minimarket, bila keuntungan "besar" maka sangat leluasa untuk dapat menambah sesuai dengan kebutuhan Ideal. Untuk perhitungan kebutuhan ideal, InsyaAllah akan di sharingkan di lain kesempatan.
Komentar
Posting Komentar